TiongHoa Dalam Sekarah Sepak Bola Indonesia



Ini adalah cerita tentang peran etnis Tionghoa asal Surabaya dalam sejarah sepakbola Indonesia.
Keberadaan perkumpulan sepakbola Tionghoa, terutama di Surabaya, tak lepas dari peranan Perkumpulan Olahraga (POR) Gymnastiek en Sportvereeniging Tiong Hoa yang berdiri pada 31 Desember 1908.

Adalah Oei Kwie Liem yang mendirikan cabang sepakbola dalam POR pada 1915.
Pengorganisasian dan pengelolaan manajemen sepakbola Tionghoa Surabaya sangat baik. Sarana dan prasarananya memadai. Sehingga membuat klub ini tumbuh kuat dan disegani, hingga menjadi kiblat sepakbola Tionghoa di Surabaya dan Hindia Belanda. Ia juga berdiri sejajar dengan klub-klub besar sepakbola Tionghoa di Hindia Belanda, yakni UMS Batavia, YMC Bandung, dan Union Semarang.

Bahkan dalam pertandingan antarkota, Tionghoa Surabaya menempatkan diri sebagai klub papan atas di Hindia Belanda. Sejumlah trofi kejuaran antarklub sepakbola Tionghoa yang berhasil disabet oleh Tionghoa Surabaya antara lain Piala Hoo Bie (1921-1922), Piala Tjoa Toan Hoen (1925), Piala CKTH (1927-1929), dan Piala HNVB (1930-1932).

Masa keemasan Tionghoa Surabaya terjadi pada 1939 dengan memenangi kompetisi SVB, Piala HNVB, dan Java Club Kampion. Raihan prestasi tersebut tak bisa disamai oleh klub lainnya, termasuk dari kalangan Belanda, apalagi bumiputra.

Tak heran jika dua pemain Tionghoa Surabaya, Tan Mo heng dan Tan Hong Djien, masuk tim nasional Hindia Belanda, Dutch East Indies (NIVU), untuk berlaga dalam Piala Dunia Prancis 1938. Hindia Belanda mencatatkan diri sebagai negara Asia pertama yang masuk ke Piala Dunia.
Kini, selama 30 tahun terakhir, sulit menemukan pemain keturunan Tionghoa di tim nasional, bahkan di klub-klub sepakbola yang ikut kompetisi Liga Indonesia. Kita hanya mengenal pemain-pemain asing dari Brasil, Kamerun, Nigeria, Argentina, atau Chile.

Comments

Popular posts from this blog

Update Daftar Penipu di RF Online Official mei 2017

Matinya Sang Predator Laut

Survey Membuktikan Banyak Konsumen Indonesia Kecewa Dengan Belanja Online.